MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 5 MODEL PALU

MA'RIFA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 5 MODEL PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma’rifa, (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Keanekaragaman Hayati melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Visual di Kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Model Palu. Skripsi, pada Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dewi Tureni. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang keanekaragaman hayati melalui model problem based learning (PBL) berbantuan media visual di kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 di SMA Negeri 5 Model Palu yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 22 orang perempuan yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan setelah melakukan pembelajaran melalui model problem based learning (PBL) berbantuan media visual pada materi keanekaragaman hayati diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat. hasil belajar siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 80,57?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 86,28?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu Penerapan model problem based learning berbantuan media visual pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Model Palu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati, Problem Based Learning, Media Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item