KOORDINASI KEPALA DESA DENGAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PEMBANGUNAN DI DESA AMBESIA INDUK KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PERIGI MOUTONG.

RANDI (2023) KOORDINASI KEPALA DESA DENGAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PEMBANGUNAN DI DESA AMBESIA INDUK KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PERIGI MOUTONG. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK : Pembangunan Desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Proses pembangunan desa terdiri dari tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Dalam proses pembangunan, diperlukan koordinasi dari berbagai unsur Pemerintahan Desa. Unsur yang dimaksud adalah Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa yang merupakan mitra kerja yang memiliki kedudukan yang sejajar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana koordinasi antara Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa Ambesia Induk. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif serta dasar penelitian kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka dan studi lapangan. Pemilihan informan menggunakan metode purposive, dimana peneliti dengan sengaja memilih orang-orang yang dianggap mampu memberikan penjelasan dan memahami masalah yang akan diteliti. Kemudian dalam meneliti masalah ini, peneliti menggunakan teori Tosi dan Carroll dimana ada dua indikator yang digunakan untuk mengetahui bagaimana koordinasi Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa Ambesia Induk.Indikator pertama yaitu Koordinasi Vertikal dan indiKator kedua yaitu Koordinasi Horizontal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa koordinasi Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa Ambesia Induk sudah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil wawancara yang menunjukkan bahwa dua indikator yang dijadikan teori untuk mengkaji masalah ini sudah terjalin antara Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa Ambesia Induk. Hanya saja, dalam menjalin Koordinasi Horizontal perlu ditingkatkan usaha yang maksimal dari masing-masing unsur ini dalam menjalankan hak dan kewajibannya dalam bekerjasama sebagai mitra kerja dalam tahap pelaksanaan dan pengawasan pembangunan desa. Kata Kunci : Koordinasi, Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Pembangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Social and Political Sciences > Governance Science
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Governance Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Governance Science
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Governance Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item