KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN

AGUS AFANDI (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agus Afandi, (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Sejarah Di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Suyuti. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan?. Bagaimana kinerja guru sejarah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan?. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinannya dan bagaimana guru sejarah dalam menjalankan kinerjannya di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Berdasarkan rumusan masalah maka dapat dirumuskan pula tujuan pelaksanaan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut : Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Langkah yang ditempuh meliputi tiga tahap yaitu observasi, wawancara, dan dokumentsi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan antara lain: (1) mampu memberikan bimbingan, arahan, intruksi, kedisiplinan dan kepemimpinannya kepada warga sekolah. (2) Kepala Sekolah berperan sebagai pendidikan yaitu melihat dan mengawasi serta proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran. (3) Kepala Sekolah menunjukkan peranya sebagai pendidik yang mengarahkan dan memotivasi guru-guru dan siswa di sekolah. Kinerja Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan antara lain: (1) Peran kinerja guru sejarah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tergolong sangat baik dimana guru sejarah dapat menarik perhatian peserta didiknya melalui metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru sejarah sehingga para peserta didiknya merasa nyaman diajar oleh gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item