SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (STUDI KASUS DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KABUPATEN TOLITOLI)

HAMZA (2023) SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (STUDI KASUS DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KABUPATEN TOLITOLI). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat produksi tanaman padi, salah satunya adalah hama dan penyakit, dimana banyak kerugian. Salah satu penghambat dari pertumbuhan produksi panen yaitu hama dan penyakit yang menjangkit tanaman padi. Apabila hama dan penyakit tersebut tidak dapat ditangani sejak dini, maka kegagalan produksi atau gagal panen akan dialami petani padi, saat ini pengetahuan petani tentang hama dan penyakit tanaman padi hanya diketahui sebatas pengetahuan sesama petani, jika ada hama dan penyakit jenis baru petani tidak mengetahuinya, disisi lain terdapat beberapa ahli atau pakar yang banyak mengetahui tentang hama dan penyakit tanaman padi, akan tetapi dengan jumlahnya ahli atau pakar dengan banyaknya jumlahnya petani tidak seimbang, sehingga ahli atau pakar tersebut tidak dapat menginformasikan tentang jenis hama dan penyakit tanaman padi yang baru atau jenis hama dan penyakit yang lama, dikarenakan keterbatasan tenaga ahli atau pakar dan waktu dari seorang ahli atau pakar tersebut. Sistem pakar dalam penelitian ini dapat mendiagnosa hama dan penyakit berdasarkan gejala yang diinputkan. Sistem akan mendiagnosa dan menghasilkan hasil diagnosa dengan persentase seratus persen jika semua gejala-gejala terpenuhi, dan akan menghasilkan hasil diagnosa dengan persentase dibawah seratus persen jika hanya gejala awal yang didiagnosa. tingkat akurasi yang dihasilkan 99?lam mendiagnosa hama dan penyakit tanaman padi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/10743

Actions (login required)

View Item View Item