PERANAN MOTIVASI GURU DALAM PENGAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 PALU

Adinda Zelika Pratiwi (2019) PERANAN MOTIVASI GURU DALAM PENGAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adinda Zelika Pratiwi, 2019. Peranan Motivasi Guru dalam Pengajaran Sejarah di SMA Negeri 6 Palu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1. (Haliadi) Pembimbing 2. (Hj. Junarti). Permasalahan dalam penelitian ini, bagaimana motivasi guru sejarah di SMA Negeri 6 Palu?. Bagaimana proses pengajaran sejarah di SMA Negeri 6 Palu?. Bagaimana hubungan antara motivasi guru dengan pengajaran sejarah di SMA Negeri 6 Palu?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu (1). Mendeskripsikan motivasi guru sejarah. (2). Mendeskripsikan proses pengajaran sejarah dan (3). Mendeskripsikan hubungan antara motivasi guru dengan pengajaran sejarah. Metode penelitian yaitu penelitian kualitatif, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a). Motivasi guru dapat membantu peserta didik untuk mencapai kedewasaan, melaksanakan tugasnya dengan baik, dan seorang guru telah memahami segala aspek pribadi dari anak didik, baik jasmani maupun segi psikis. (b). Mengenal dan memahami tingkat perkembangan peserta didik itulah suatu tugas yang harus dilakukan. peneliti dapat menarik beberapa point yaitu sebagai pengambil inisiatif, pengarah dan penilai kegiatan-kegiatan pendidikan. Orang yang ahli dalam mata pelajaran bahwa guru bertanggung jawab untuk mewariskan kebudayaan pada generasi muda yang berupa pengetahuan dan sebagai pemimpin generasi muda, masa depan generasi muda terletak di tangan guru, guru berperan sebagai pemimpin mereka dalam mempersiapkan diri untuk menjadi anggota masyarakat yang dewasa. (c). Proses pengajaran yang terjadi bahwa mengenai cara siswa belajar telah menunjukkan mengenai aktivitas siswa dalam belajar mengalami kemajuan yang baik. Model dan metode yang diterapkan guru dan siswa merupakan subjek dalam belajar dan guru yang secara profesional membantu siswa belajar dalam mencapai tujuan, karena itu metode mengajar diartikan sebagai bantuan yang diberikan guru dalam membantu siswa belajar dan bukan kegiatan yang dilakukan guru mencapai tujuan. Kata Kunci: Peranan Motivasi Guru, Pengajaran dan Sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:03
Last Modified: 16 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item