PENGETAHUAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU (HHBK) DI DESA POMBEWE KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

ABD. GAFUR (2023) PENGETAHUAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU (HHBK) DI DESA POMBEWE KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Abdul Gafur (L 131 16 105), Pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan hasil hutan bukan kayu di desa Pombewe kecamatan Sigi Biromaru kabupaten Sigi. Di bimbing oleh Bapak Dr.Ir.H. Imran Rachman, MP. Masyarakat hutan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu baik dikonsumsi secara langsung seperti binatang buruan, sagu, umbi-umbian, buah-buahan, sayursayuran, obat-obatan, kayu bakar dan lainnya. Masyarakat Desa Pombewe memiliki ketergantungan dengan sumberdaya hutan khususnya hasil hutan bukan kayu. Sehinggah penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pombewe selama Tiga bulan dari bulan September sampai November 2020, terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik dalam pemilihan responden didasarkan pada teknik snowball sampling. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan dibuatkan penskala 1-3-5 (Modifikasi Skala Likert). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan pengetahuan masyarakat dalam pemeanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yaitu Tingkat Pendidikan SD berjumlah 17 orang memiliki jumlah presentase (77,2%), lebih banyak di bandingkan SMP dan SMA (9,0%) yang masing-masing berjumlah 2 orang, dan yang berpendidikan perguruan tinggi berjumlah 1 orang dengan jumlah presentase (4,5%). Umur 36-49 tahun berjumlah 12 orang memiliki jumlah presentase (54,5%), lebih banyak di bandingkan umur 24-35 dan umur 50-70. Pekerjaan atau usaha sebagian besar pemanfaatan hasill hutan bukan kayu dilakukan oleh masyarakat bermata pencaharian sebagai petani dengan jumlah responden sebanyak 12 orang dengan presentasi (54,5%). Pemahaman masyarakat dalam pemanfaaatan hasil hutan bukan kayu terdapat 19 responden yang tidak memahami dengan kategori pengetahuan rendah dengan jumlah presentasi (86,36%) . jenis yang dimanfaatkan oleh masyarakat disekitar hutan yang paling dominan adalah rotan, aren, bambu, dan tanaman obat-obatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Forestry > Forestry
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Forestry > Forestry
Divisions: Faculty of Forestry > Forestry
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Forestry > Forestry
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item