PROBLEMATIKA PENDIDIKAN MASYARAKAT TERPENCIL DI DUSUN SIGARONGGA DESA ALINDAU KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA

IYAT MUJIZAT (2023) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN MASYARAKAT TERPENCIL DI DUSUN SIGARONGGA DESA ALINDAU KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iyat Mujizat, 2021. Problematika pendidikan masyarakat terpencil di dusun Sigarongga Desa Alindau Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakuk tas Kegutuan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraedah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan kondisi tingkat pendidikan masyarakat terpencil di Dusun Sigarongga (2) Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan di Dusun Sigarongga (3) Menjelaskan fasilitas pendidikan yang ada di Dusun Sigarongga, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Desa, Kepala Dusun, Guru SD Sigarongga, dan 9,67% Kepala Keluarga. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa (1) Kondisi tingkat pendidikan masyarakat terpencil di Dusun Sigarongga Desa Alindau masih sangat rendah dikarenakan kesadaran akan pentingnya pendidikan masih minim, banyak masyarakat yang hanya tamat SD bahkan ada yang tidak menempuh pendidikan. Jumlah masyarakat yang tamat SD 47%, tamat SLTP/Sederajat 13?n yang tidak tamat SD 20%. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat pendidikan masyarakat terpencil di Dusun Sigarongga Desa Alindau yaitu faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor aksebilitas, dan faktor sosial budaya. (3) Fasilitas pendidikan yang ada di Dusun Sigarongga Desa Alindau masih minim karena hanya terdapat satu buah Sekolah dan itu hanya Sekolah Dasar. Sarana dan prasarana yang masih kurang yaitu ruang kelas yang hanya satu bisa terpakai untuk proses belajar mengajar, terdapat empat orang guru, buku-buku bacaan dan buku mata pelajaran hanya sedikit, serta kursi dan meja yang masih kurang. Kata Kunci: Problematika, Pendidikan, Masyarakat Terpencil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item