EFEK KOMBINASI PUPUK ORGANIK CAIR PEPAYA DAN NANAS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomea Reptans Poir.) DENGAN MEDIA HIDROPONIK DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

WIJI ESTU LESTARI (2023) EFEK KOMBINASI PUPUK ORGANIK CAIR PEPAYA DAN NANAS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomea Reptans Poir.) DENGAN MEDIA HIDROPONIK DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiji Estu Lestari, 2021. Efek Kombinasi Pupuk Organik Cair Pepaya dan Nanas Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir.) dengan Media Hidroponik dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Lestari MP Alibasyah. Pepaya dan nanas tergolong buah yang mudah busuk sehingga banyak dibuang begitu saja dan menjadi limbah yang kurang bermanfaat, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efek kombinasi Pupuk Organik Cair Pepaya dan Nanas Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung darat (Ipomea reptans Poir.) dengan Media Hidroponik dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran dalam bentuk poster. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan dan 5 kali ulangan, yaitu P0 (kontrol)= 0%, P1= 20, P2= 30?n P3= 40%. Data yang diperoleh diolah secara statistik melalui analisis varian (ANAVA) yang diolah menggunakan perhitungan secara manual. Hasil penelitian menunjukan bahwa efek kombinasi pupuk organik cair pepaya dan nanas pada umur 2 MST, 3 MST dan 4 MST berpengaruh signifikan. Kemudian Konsentrasi pupuk organik cair pepaya dan nanas pada pemberian konsentrasi 40% memberi pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan tinggi batang, jumlah daun dan tangkai daun tanaman kangkung darat. Kata Kunci: Pupuk Organik Cair Pepaya dan Nanas, Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir.), Hidroponik, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item