SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI JENIS PENYAKIT PADA TANAMAN CENGKEH MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS KABUPATEN TOLITOLI

MOH NUR M TAHIR (2023) SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI JENIS PENYAKIT PADA TANAMAN CENGKEH MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS KABUPATEN TOLITOLI. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya terjadi serangan penyakit pada tanaman cengkeh yang sulit dapat diidentifikasi secara dini yang mengakibatkan terjadinya salah penanganan dan berimbas pada kegagalan panen, serta terbatasnya orang yang ahli dalam bidang tersebut sehingga pada penelitian ini diberikan solusi sebuah sistem pakar yang dapat mengidentifikasi penyakit pada tanaman cengkeh sehingga dapat membantu para petani mengatasi penyakit yang menyerang pada tanaman secara dini.metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Certainty Factor. Certainty Factor merupakan suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti dan juga menggambarkan tingkat keyakinan terhadap permasalahan yang sedang dihadapisistem pakar identifikasi penyakit pada tanaman cengkeh ini mampu mengidentifikasi beberapa jenis penyakit berdasarkan gejala-gejala yang diinputkan oleh petani serta birisi informasi detail penyakit dan juga langkah-langkah dalam menanggulangi penyakit yang menyerang pada tanaman cengkeh merekahasil dari uji sistem dapat menghasilkan jumlah akurasi yang sangat baik dalam proses pengujian pada tanaman cengkeh. sehingga sistem ini sangat memuaskan dalam menangani masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item