Sistem Pakar Deteksi Dini Kecemasan Dengan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) Pada Kesehatan Mental Menggunakan Metode Certainty Factor

REYZA CAHYA RAMADHAN (2023) Sistem Pakar Deteksi Dini Kecemasan Dengan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) Pada Kesehatan Mental Menggunakan Metode Certainty Factor. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesehatan mental merupakan aspek penting yang juga harus diperhatikan sebagaimana kesehatan fisik. Kurangnya kesadaran publik akan kesehatan mental serta keterbatasan waktu dan biaya menjadi beberapa kendala seseorang untuk enggan untuk memeriksakan dirinya pada psikolog/pakar. Salah satu akibat dari kesehatan mental yang terganggu adalah kecemasan, dimana seseorang mengalami gangguan alam perasaan (affectiv) yang ditandai dengan perasaan ketakutan atau kekhawatiran yang mendalam dan berkelanjutan, tidak mengalami gangguan dalam menilai realitas (Reality Testing Ability), kepribadian masih tetap utuh, perilaku dapat terganggu tetapi masih dalam batas-batas normal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pakar yang mampu mendeteksi dini kecemasan seseorang dengan menggunakan salah satu skala penilaian yang paling sering digunakan adalah Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). HARS menggunakan serangkaian pertanyaan dengan jawaban yang harus diisi oleh klinisi terkait dengan kondisi pasien tertentu. Jawaban yang diberikan merupakan skala (angka) 0, 1, 2, 3 atau 4 yang menunjukkan tingkat gangguan. Dengan menggabungkan dengan metode Certainty Factor yang menghitung tingkat kepercayaan berdasarkan gejala yang dirasakan oleh pasien. Berdasarkan hasil pengujian sistem, didapatkan tingkat akurasi sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item