PENYAMPAIAN INFORMASI HUMAS POLDA SULTENG DALAM UPAYA MENGURANGI KERESAHAN MASYARAKAT TERKAIT TINDAKAN BEGAL DIKOTA PALU

FIKA SUKMAWATI (2023) PENYAMPAIAN INFORMASI HUMAS POLDA SULTENG DALAM UPAYA MENGURANGI KERESAHAN MASYARAKAT TERKAIT TINDAKAN BEGAL DIKOTA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fika Sukmawati, (B 501 18 060) Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Konsentrasi Public Relation. Skripsi Penyampaian informasi Humas dalam Mengurangi Keresahan Masyarakat Terkait Tindakan Begal di Kota Palu. Dibimbing Hj Sumarni Zainudin sebagai pembimbing I dan Fitriani Puspa Ningsih sebagai pembimbing II.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyampaian informasi humas Polda dalam mengurangi keresahan masyarakat terkait Tindakan Begal di Kota Palu, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah unsur-unsur komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan studi kasus melalui teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data yang diolah dan dianalisis dengan menggunakan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak enam (6) orang yaitu, empat orang staf humas dan dua (2) masyarakat yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyampaian informasi terkait pembegalan, upaya mengurangi keresahan masyarakat dilakukan pesan yang dissampaikan secara informatif, edukatif dan persuasif dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan juga instagram. Pesan informatif yaitu penyampaian informasi humas kepada masyarakat bahwa adanya pelayanan call center 110 dan jugu dumas presisi bahwa masyarakat bisa setiap saat melakukan pengaduan 24 jam, pesan yang bersifat edukatif yaitu informasi yang di berikan kepada masyarakat melalui video meme yaitu himbauan-himabaun kepada masyarakat agar selalu berhati-hati, pesan yang bersifat persuasif yaitu dengan penyampaikan informasi melalui video iklan layanan masyarakat dengan video humas mengajak masyarakat dan menyakinkan bahwa pihak kepolisian telah melaksanakan patroli malam dan adanya penjaga pada malam hari. Kata kunci: Komunikasi, Humas, Tindakan begal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Social and Political Sciences > Communication Science
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Communication Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Science
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Communication Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item