PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia)

SAHWANI (2023) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sahwani, C 301 17 038, Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah di Indonesia, dibimbing oleh Muhammad Darma Halwi selaku pembimbing I dan Masruddin selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pembiayaan Mudharabah terhadap Profitabilitas. Menguji dan menganalisis pengaruh Pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas. Menguji dan menganalisis pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas. Sampel penelitian ini sebanyak 6 bank umum syariah dengan periode penelitian selama lima tahun (2016-2020). Metode penarikan sampel adalah metode Purposive Sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dan data lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda (Multiple Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pembiayaan Mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Pembiayaan Musyarakah tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian yang akan datang disarankan menggunakan lebih banyak indikator pengamatan. Kemudian untuk Bank Umum Syariah perlu mengalihkan pembiayaan Musyarakah ke Pembiayaan Mudharabah karena pembiayaam Mudharabah memberikan pengaruh Positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Kata kunci: Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah dan Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Accountancy
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Divisions: Faculty of Economics > Economic Accountancy
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12221

Actions (login required)

View Item View Item