Persepsi Pemilik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tentang Impementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah

MADE NARFA YASA (2023) Persepsi Pemilik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tentang Impementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Made Narfa Yasa, Persepsi Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tentang Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah, dibimbing oleh Chalarce Totanan dan Rahayu Indriasari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana persepsi pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah tentang Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan berpijak pada paradigma post positivisme. Pengumpulan data primer dan dan sekunder melalui wawancara dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilik UMKM Warkop memiliki persepsi negatif tentang penerapan SAK EMKM yang ditandai dengan penolakan terhadap penerapan SAK EMKM. Hal tersebut terlihat dari pemilik warkop yang memaknai penerapan SAK EMKM adalah beban. Penerapan SAK EMKM dianggap tidak memberikan manfaat yang sebanding dengan segala biaya yang dikeluarkan oleh pemilik. Tidak satupun UMKM warkop yang memiliki sumber daya manusia akuntansi yang memadai. Pencatatan keuangan yang dilakukan masih sederhana dengan basis kas. Kata Kunci : persepsi, implementasi, UMKM, SAK EMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Accountancy
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Divisions: Faculty of Economics > Economic Accountancy
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item