Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Cabai Katokkon (Capsicum Annuum L. Var. Sinensis ) Pada Pemberian Giberelin Dan Pupuk Kompos

ALFRIANI RISNA PALAYUKAN (2023) Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Cabai Katokkon (Capsicum Annuum L. Var. Sinensis ) Pada Pemberian Giberelin Dan Pupuk Kompos. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian giberelin dan pupuk kompos terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai katokkon serta mengetahui ada tidaknya interaksi antara kedua faktor. Penelitiaan dilaksanakan di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah, waktu penelitian mulai bulan Agustus sampai November 2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial. Faktor pertama yaitu pupuk kompos kotoran sapi (P) yang terdiri dari 3 taraf yaitu P1=10 ton/ha (0,25 kg/polybag), P2=20 ton/ha (0,50 kg/polybag), dan P3=30 ton/ha (0,75 kg/polybag). Faktor kedua yaitu konsentrasi giberelin yang terdiri dari 3 taraf yaitu G0= 0 ml/l (Kontrol), G1= 25 ml/l, G2= 50 ml/l dan G3= 75 ml/l. Dengan demikian diperoleh 12 kombinasi tiap perlakuan diulang 3 kali sehingga diperoleh 36 unit percobaan, setiap unit terdiri dari 5 tanaman sehingga total tanaman adalah 180 tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pemberian giberelin dan pupuk kompos pada parameter tinggi tanaman (P2G2) 107,22 cm dan volume akar (P3G3) 73,33 ml. Pemberian konsentrasi giberelin 75 ml/l air (G3) memberikan pengaruh lebih baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai katokkon pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, jumlah buah, panjang buah, diameter buah, berat buah, panjang akar. Pemberian pupuk kompos 0,75 kg (P3) memberikan pengaruh lebih baik terhadap pertumbuhan tanaman cabai katokkon pada parameter tinggi tanaman, luas daun, kandungan klorofil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Agriculture > Agrotechnology
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Agriculture > Agrotechnology
Divisions: Faculty of Agriculture > Agrotechnology
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Agriculture > Agrotechnology
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item View Item