IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POLA BELANJA PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : SEJAHTERA MART MAKALE)

DEFRILIA TARUK LAMBA' (2023) IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POLA BELANJA PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : SEJAHTERA MART MAKALE). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minimarket adalah sebuah toko yang mengisi kebutuhan masyarakat akan warung yang berformat modern yang dekat dengan permukiman penduduk sehingga dapat mengungguli toko atau warung. Salah satu minimarket yang ada di Tana Toraja yaitu Sejahtera Mart Makale yang telah berdiri sejak tahun 2016. Sejahtera Mart Makale dapat menghasilkan ratusan transaksi setiap bulannya, dengan memanfaatkan data transaksi yang banyak ini pihak manajemen dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai produk apa saja yang sering dibeli secara bersamaan. Cara mengetahui barang barang yang sering dibeli secara bersamaan ialah dengan menggunakan aturan asosiasi, yaitu sebuah teknik data mining untuk menemukan suatu kombinasi item. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk menganalisa pola belanja yang mana pola yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan serta penempatan barang. Kata Kunci : Aturan Asosiasi, Apriori, Data Mining

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12372

Actions (login required)

View Item View Item