Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Unggul Jagung Menggunakan Metode Simpe Additive Weighting (SAW) (studi Kasus : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tengah

NURHASNI (2023) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Unggul Jagung Menggunakan Metode Simpe Additive Weighting (SAW) (studi Kasus : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tengah. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh kelompok tani adalah saat menentukan bibit Jagung terunggul. Semakin banyaknya kebutuhan pemesanan kepada petani, maka petani harus lebih kompeten dalam menghasilkan dan menyeleksi bibit-bibit Jagung yang unggul, Sehingga konsumen merasa puas dengan bibit Jagung yang dibeli. Pemanfaatan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode pendukung keputusan dalam menghasilkan alternatif yang terbaik sangat membantu dalam pengambil keputusan. Dalam hal pemilihan benih jagung yang terbaik, petani selama ini masih banyak yang menggunakan cara-cara konvensional seperti coba-coba dari berbagai macam jenis benih jagung. Sehingga tidak jarang para petani harus mengalami dampak berupa tidak maksimalnya hasil panen, waktu tanam yang lebih lama, kurangnya kualitas jagung, hingga yang terburuk adalah gagal panen. Berangkat dari permasalahan di atas maka penulis melakukan penelitian guna mendapatkan solusi untuk menentukan jenis jagung terbaik yang dapat meningkatkan hasil panen para petani melalui penerapan teknologi informasi, dengan menggunakan metode Simple Addictive Weighting (SAW). SAW adalah sebuah metode yang di nilai mampu pada permasalahan tersebut. Metode ini di pilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian di lanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Pada penelitian ini digunakan lima kriteria dan dua ratus alternatif bibit jagung dengan hasil yaitu alternatif bibit jagung 146 memperoleh nilai akhir tertinggi yaitu 0.88 sehingga menjadi bibit yang paling unggul dan bibit jagung 173 memperoleh nilai akhir terendah yaitu 0.2. Waktu komputasi yang digunakan untuk memproses 200 data yaitu selama 0.3262 detik dan menggunakan kapasistas memori sebesar 249.17 kb. Kata kunci : Bibit Jagung Unggul, Simple Addictive Weighting (SAW), Sistem Pendukung Keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12514

Actions (login required)

View Item View Item