KUALITAS PELAYANAN DALAM PENERBITAN IZIN EDAR PRODUK PANGAN PADA BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI KOTA PALU

TOTO SUSANTO, (2023) KUALITAS PELAYANAN DALAM PENERBITAN IZIN EDAR PRODUK PANGAN PADA BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI KOTA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Toto Susanto B101 18 130, dengan judul “Kualitas Pelayanan Dalam Penerbitan Izin Edar Produk Pangan Pada Balai Pengawas Obat dan Makanan Di Kota Palu”. Di bimbing oleh Hj. Suasa (Pembimbing Utama ) bersama Mukarramah (Pembimbing Pendamping). Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dalam penerbitan izin edar produk pangan pada Balai Pengawas Obat dan Makanan di Kota Palu. teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan Taliziduhu Ndraha (1997) dimana untuk mengukur kualitas pelayanan terdapat empat indikator yang digunakan. Keempat indikator tersebut yaitu Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara bersama informan secara mendalam serta dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pegawai Balai Pengawas Obat dan Makanan dalam penerbitan izin edar produk pangan cukup baik. Jika diukur menggunakan teori yang digunakan terdapat dua indikator yang sudah berjalan dengan baik yaitu indikator kecepatan dan keadilan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan respon pegawai yang cepat serta pegawai yang menjunjung tinggi keadilan dalam pelayanan. Kemudian untuk indikator yang belum berjalan dengan baik adalah indikator ketepatan dan kemudahan. Hal ini dilihat berdasarkan ketepatan waktu pelayanan yang tidak berdasarkan prosedur serta kemudahan masyarakat mendapatkan informasi terkait prosedur pelayanan penerbitan izin edar produk pangan yang masih sulit dijangkau oleh masyarakat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Ketepatan, Kecepatan, Kemudahan dan Keadilan

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item