Pengaruh Limbah Tahu Sebagai Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum Esculentum) Dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran.

MITASARI S. SALAMATI (2023) Pengaruh Limbah Tahu Sebagai Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum Esculentum) Dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mitasari S. Salamati, 2022. Pengaruh Limbah Tahu sebagai Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum) dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Prof. Dr. H. Andi Tanra Tellu, M.S. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh limbah tahu sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tomat (Lycopersicum esculentum) dan pemanfaatanya sebagai media pembelajaran berupa poster. Penelitian ini dilaksanakan di Green House Biologi FKIP UNTAD dari bulan November 2020 sampai Februari 2021. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain rancangan acak lengkap (RAL) percobaan satu faktorial yang terdiri dari 4 taraf perlakuan (P0=kontrol, P1=200 ml, P2=400 ml, P3=600 ml) dan 3 ulangan. Parameter yang diamati pada penelitian ini yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, jumlah buah, dan diameter batang pada 15 HST, 30 HST, 45 HST, dan 60 HST. Parameter yang hitung yaitu jumlah buah dan berat buah pada 60 HST. Hasil penelitian ini menunjukkan pertumbuhan dan produksi terbaik yaitu perlakuan P1 dengan dosis pupuk organik cair limbah tahu 200 ml, hal ini dapat dilihat pada Analisis variansi tiap parameter yaitu tinggi tanaman dengan nilai Fhit 4.90 > Ftab 4.07, jumlah cabang nilai Fhit 8.14 > Ftab 4.07, jumlah daun nilai Fhit 7.13 > Ftab 4.07, diameter batang nilai Fhit 12.92 > Ftab 4.07, jumlah buah nilai Fhit 11.83 > Ftab 4.07, dan berat buah nilai Fhit 11.36 > Ftab 4.07, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pupuk organik cair limbah tahu dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tomat dengan dosis terbaik terdapat pada pemberian 200 ml pada saat 60 HST. Berdasarkan uji validasi dan telah diujikan pada mahasiswa secaran keseluruhan hasil penelitian sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran dengan persentase rata-rata 81,84%. Kata Kunci: POC, Limbah Tahu, Tomat, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item