PERANAN KELOMPOK PETERNAK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYULUHAN DI KELURAHAN KAWATUNA KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

FITRYA RAHMDANI ZEES (2023) PERANAN KELOMPOK PETERNAK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYULUHAN DI KELURAHAN KAWATUNA KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitrya Rahmadani Zees (O 121 17 317). Peranan Kelompok Peternak Dalam Meningkatkan Efektivitas Penyuluhan di Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu (Yudi Mujayin, dan Ritha Rahayu 2022) Pengalaman pembangunan menunjukan bahwa pengembangan sumberdaya manusia menjadi bagian penting untuk tercapainya keberhasilan pembangunan peternakan. Dalam bidang peternakan urgensi pentingnya sumberdaya peternak yang berkualitas sangat dirasakan sekali, saat ini berbagai kebutuhan terhadap protein asal hasil ternak sebagian besar masih tergantung pada impor, dilihat dari potensi wilayah dan tingkat kebutuhan konsumsi terhadap protein hewani yang terus meningkat, mengharuskan untuk memiliki kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelompok ternak dalam meningkatkan efektivitas penyuluhan, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi peran kelompok peternak dalam meningkatkan efektivitas penyuluhan. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu selama sebulan, mulai tanggal 12 Oktober 2021 sampai tanggal 12 November 2021. Diketahui bahwa sebagian besar peternak kambing di Kelurahan Kawatuna mengetahui tujuan dari penyuluhan. Hal ini terlihat dari 24 responden yang menjawab mengetahui sebanyak 8 orang dengan persentase 33,33%. Sedangkan yang menjawab kurang mengetahui hanya 2 orang dengan persentase sebanyak 8,33%. Diketahui bahwa penyuluhan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi berternak. Ada 9 responden atau 37,50% yang menyatakan bahwa penyuluhan menambah motivasi beternak. Hal ini disebabkan sebelum dilakukan penyuluhan para peternak sudah menjadikan kegiatan beternak sebagai pekerjaan pokok. Dalam peneitian ini peran kelompok ternak dalam meningkatkan efektivitas penyuluhan masih rendah. Kata Kunci: Peran Kelompok Peternak, Efektivitas Penyuluhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Animal Husbandry and Fisheries > Animal Husbandry
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Animal Husbandry and Fisheries > Animal Husbandry
Divisions: Faculty of Animal Husbandry and Fisheries > Animal Husbandry
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Animal Husbandry and Fisheries > Animal Husbandry
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item