PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Pada Usaha Skala Menengah Di Kota Palu)

JELITA LISTERA TOKARE (2023) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Pada Usaha Skala Menengah Di Kota Palu). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jelita Listera Tokare dengan judul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (Studi Pada Usaha Skala Menengah di Kota Palu)”. Dibimbing oleh Ibu Rahayu Indriasari selaku pembimbing 2 dan Ibu Nurhayati Haris selaku pembimbing 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi terhadap penerapan SAK EMKM pada Usaha Skala Menengah di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan metode sampel jenuh untuk pengambilan sampel. Sampel dalam penelitian ini ialah 32 Usaha Skala Menengah yang berada di Kota Palu. Teknik analasis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan SAK-EMKM pada Usaha Menengah di Kota Palu. Secara parsial tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerapan SAK-EMKM pada Usaha Menengah di Kota Palu. Sedangkan pemahaman akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan SAK-EMKM pada Usaha Menengah di Kota Palu. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, SAK EMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Accountancy
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Divisions: Faculty of Economics > Economic Accountancy
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item