ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA DAN BERPIKIR KRITIS TENTANG MATERI KIMIA ASAM BASA PADA MASA PANDEMI COVID-19 SMA NEGERI TOJO

NURUL INAYAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA DAN BERPIKIR KRITIS TENTANG MATERI KIMIA ASAM BASA PADA MASA PANDEMI COVID-19 SMA NEGERI TOJO. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurul Inayah 2022, “Analisis Kemampuan Bertanya dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tentang Materi Kimia Asam Basa Pada Masa Pandemi COVID-19 SMA Negeri Tojo, Kabupaten Tojo Una-una” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing : Tri Santoso. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan bertanya dan berpikir kritis siswa pada materi asam basa serta hubungan kemampuan bertanya terhadap kemampuan berpikir kritis dimasa pandemi Covid-19 SMA Negeri 1 Tojo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Tehnik dari penelitian ini menggunakan tehnik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa angket kemampuan bertanya dan soal esay kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian pada kemampuan bertanya dan berpikir kritis siswa pada materi asam basa terhadap pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 hasil yang diperoleh dimana siswa berada di tingkat jenis pertanyaan hafalan dengan persentase rata-rata secara berturut-turut sebesar 43,33% , 50% , 46,67?n 50% . Sedangkan analisis data yang diperoleh pada kemampuan berpikir kritis masih dalam kategori rendah yaitu 60,00%. Hal ini disebabkan selama pembelajaran daring Siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah, kurang mampu dalam menginterpretasikan masalah dan tidak mampu memenuhi indikator analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil perhitungan koefisien korelasi hubungan antara kemampuan bertanya siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yaitu rendah (rhitung) 0,277. Kemampuan bertanya dengan kemampuan berpikir kritis siswa dimana hubungan antar variabel adalah positif. Penyebab rendahnya kemampuan bertanya dan berpikir kritis siswa yaitu berasal dari siswa, guru, dan model pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Kata Kunci: Kemampuan Bertanya, Kemampuan Bepikir Kritis, Pandemi COVID-19, Asam Basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item