SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PUSKESMAS TERBAIK (STUDI KASUS KABUPATEN MOROWALI UTARA)

ANDREW GRAVELAEN MAREOLI (2023) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PUSKESMAS TERBAIK (STUDI KASUS KABUPATEN MOROWALI UTARA). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang saat ini sedang berkembang dengan cepat tentunya harus dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya teknologi Sistem Informasi Geografis, Dimana Sistem Informasi Geografis merupakan sebuah sistem perangkat lunak geospasial yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, dengan adanya teknologi ini dapat dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, dimana saat ini informasi mengenai lokasi Puskesmas yang ada di Kabupaten Morowali utara tidak tersampaikan dengan baik kepada masyarakat karena minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan, berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba memanfaatkan teknologi Sistem Infromasi Geografis dan teknologi Sistem Pendukung Keputusan agar terciptanya sebuah sistem pemetaan lokasi Puskesmas sehingga memudahkan dalam memberikan informasi yang mudah dimengerti dan mudah diakses oleh masyarakat. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini berupa aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), yang terdiri dari halaman utama, halaman pemetaan, halaman detail lokasi Puskesmas, halaman login admin, halaman perangkingan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya Sistem Informasi Geografis pemetaan lokasi pusat kesehatan masyarakat dengan pemanfaatan Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan puskesmas terbaik dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam hal kemudahan akses informasi puskesmas dan membantu pihak dinas kesehatan dalam melakukan penilaian terhadap puskesmas. Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, Sistem Pendukung Keputusan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item