EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 8 KABUPATEN SIGI

ALRINI MEISAT DJALEDJE (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 8 KABUPATEN SIGI. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alrini Meisat Djaledje, 2022 Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi. Skripsi. Program Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing, Nurvita, S.Pd., M. Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi model project based learning belum sesuai dengan tahap-tahap model project based learning. Faktanya proses pembelajaran geografi di kelas XI IPS masih didominasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan efektivitas model project based learning pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi, dan objek penelitian yaitu efektivitas model project based learning pada mata pelajaran geografi yang diterapkan di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi. Data dikumpulkan melalui lembar keterlaksanaan sintaks project based learning, respon siswa pada model project based learning dan hasil belajar diambil penilaian project. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan sintaks mencapai presentase 92,8% sehingga dikategorikan terlaksana sangat baik, hasil analisis angket respon siswa terhadap pelaksanaan model project based learning sebesar 90,8% untuk jawaban “Ya” dan jawaban “Tidak” sebesar 8,8%. Sedangkan hasil penilaian proyek, kelompok 1 memperoleh nilai 80?n kelompok 2 memperoleh nilai 86,67%. Untuk ketuntasan penilaian individu siswa yaitu 92?n siswa yang tidak tuntas 8% siswa. Hasil nilai rata-rata siswa adalah 91. Sehingga keefektifan dapat dikatakan tinggi sesuai dengan kriteria ketuntasan >73. Hal ini menunjukan bahwa model project based learning sangat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi dengan materi persebaran sumberdaya alam di SMA Negeri 8 Kabupaten Sigi. Kata Kunci: Sintaks Project Based Learning, Respon siwa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item