SISTEM PENJADWALAN MATA PELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 AMPIBABO)

MOH. GUGUN RAMADHAN (2023) SISTEM PENJADWALAN MATA PELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 AMPIBABO). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses penjadwalan mata pelajaran di SMP Negeri 1 Ampibabo yang masih melakukan penjadwalan mata pelajaran secara manual dan sering mengalami kendala karena proses penyusunan membutuhkan waktu lama dan hasil yang tidak akurat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini memilih Modifikasi Algoritma Genetika untuk menyelesaikan kasus penjadwalan mata pelajaran yang ada di SMP Negeri 1 Ampibabo. Modifikasi Algoritma Genetika dimulai dari proses pembangkitan populasi awal acak untuk merepresentasikan solusi awal. Selanjutnya dilakukan pengecekkan nilai fitness terhadap pelanggaran pada aturan penjadwalan. Nilai fitness yang digunakan adalah nilai antara 0 dan 1. Kemudian dilakukan metode seleksi ranking. Terakhir dilakukan metode mutasi dengan menggunakan pertukaran gen terhadap kromosom yang rusak. Proses modifikasi Algoritma Genetika berakhir apabila nilai fitness 1. Berdasarkan hasil pembahasan pada sistem penjadwalan mata pelajaran berbasis WEB dengan menggunakan modifikasi Algoritma Genetika adalah lama waktu komputasi sangat dipengaruhi oleh banyaknya jumlah generasi dan juga jumlah populasi yang terbentuk. Kata Kunci: Sistem Penjadwalan, Penjadwalan Mata Pelajaran, Modifikasi Algoritma Genetika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/13069

Actions (login required)

View Item View Item