AUGMENTED REALITY MARKER BASED TRACKING PENGENALAN FLORA DAN FAUNA ENDEMIK SULAWESI TENGAH PADA ANAK USIA DINI BERBASIS MOBILE DENGAN ALGORITMA FAST CORNER DETECTION

DIRGA SUMAYUDHA (2023) AUGMENTED REALITY MARKER BASED TRACKING PENGENALAN FLORA DAN FAUNA ENDEMIK SULAWESI TENGAH PADA ANAK USIA DINI BERBASIS MOBILE DENGAN ALGORITMA FAST CORNER DETECTION. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulawesi merupakan zona perbatasan unik di wilayah Asia Oceania, di mana flora dan faunanya berbeda jauh dengan dengan wilayah lainnya. Kekhasan flora dan faunanya disebut Wallacea. Seiring dengan kemajuannya teknologi menggali informasi tidak hanya bersumber dari buku saja, mencari informasi sangatlah mudah dengan hanya menggunakan smartphone yang dihubungkan dengan internet. Salah satu kegunaan smartphone adalah dengan menggunakannya sebagai alat bantu pada media belajar melalui Augmented Reality(AR). Anak usia dini dapat menggunakan media digital untuk mengenal huruf/ literasi dan pemanfaatannya sangat produktif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman anak terhadap literasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti membuat Aplikasi Augmented Reality Marker Based Tracking Pengenalan Flora dan Fauna Endemik Sulawesi Tengah pada Anak Usia Dini Berbasis Mobile dengan Algoritma Fast Corner Detection. Penelitian ini ditujukan agar anak usia dini dapat belajar mengenal flora dan fauna khususnya yang terdapat di Sulawesi Tengah dengan menggunakan AR dengan Algoritma Fast Corner Detection. Didalamnya meliputi Pengujian Sistem menggunakan metode Black Box memiliki hasil yang baik dalam setiap skenario uji coba. Pengujian Beta Testing menggunakan Kuesioner yang terdiri dari 40 responden dari sebelumnya rata-rata pengetahuan responden tentang flora dan fauna endemik Sulawesi Tengah adalah 9,75% naik menjadi 92,50?ngan selisih 82,75%. Hasil Pengujian Skenario dapat dilihat dengan Pengujian intensitas cahaya, oklusi(tertutup), jarak dan sudut menunjukkan bahwa empat hal tersebut mempengaruhi proses deteksi penanda. Intensitas cahaya rendah memperlambat proses deteksi penanda. sistem tidak dapat mengenali penanda dan objek 3D tidak dapat ditampilkan apabila penanda tertutup 75%. Sudut dan Jarak yang baik adalah dari penanda ke kamera 20cm-60cm dan sudut 30°-90°.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item