ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN PERUSAHAAN AIR MINUM DAERAH KOTA PALU (Studi Pada Perusahaan Air Minum Daerah Di Kota Palu)

SUKMAWATI (2023) ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN PERUSAHAAN AIR MINUM DAERAH KOTA PALU (Studi Pada Perusahaan Air Minum Daerah Di Kota Palu). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sukmawati, C 301 15 274. Judul Penelitian: “Analisis Biaya Dan Pendapatan (Studi Pada Perusahaan Air Minum Daerah di Kota Palu)”. Dibimbing oleh Chalarce Totanan dan Nurlaela Mapparessa Tujuan penelitian ini untuk menandingkan biaya dan pendapatan perusahaan daerah air minum (PDAM) di Kota Palu, alokasi biaya yang dikeluarkan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dan biaya PDAM di Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan laporan keuangan PDAM Tahun 2014-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan PDAM Kota Palu cenderung berfluktuasi. Pengakuan pendapatan yang berasal dari aktivitas usaha PDAM menggunakan metode cash basis yaitu yang mana pendapatan diakui pada saat terjadinya penerimaan pembayaran. Pengklasifikasi biayanya masih digabungkan semua komponen biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik pada perhitungan biaya sumber air, biaya pengolahan air dan biaya transmisi/distribusi. Biaya non produksi bagian biaya umum dan administrasi di dalam perhitungannya yaitu tunjangan transport dan biaya listrik yang naik setiap tahun sehingga mengakibatkan jumlah biaya produksi selalu meningkat setiap tahunnya. Dari proses produksi air pada PDAM Kota Palu faktor yang menyebabkan biaya produksi mengalami peningkatan yaitu biaya sumber air, biaya pengolahan air serta biaya transmisi / distribusi, ketiga biaya tersebut selalu mengalami peningkatan. Namun demikian masih banyak pelanggan PDAM Kota Palu yang tidak masuk airnya karena tidak ada air yang diakibatkan pendistribusian belum merata. Kata Kunci: Pendapatan, Biaya, PDAM, Penandingan

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Accountancy
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Divisions: Faculty of Economics > Economic Accountancy
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Accountancy
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item