Analisis Nilai Tambah Dan Pendapatan Industri Rumah Tangga Minyak Atsiri Di Desa Buga Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli

NI LUH ENI SUSANTI (2023) Analisis Nilai Tambah Dan Pendapatan Industri Rumah Tangga Minyak Atsiri Di Desa Buga Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya nilai tambah dan pendapatan industri rumah tangga minyak atsiri di Desa Buga Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang teknik pengumpulan datanya melalui wawancara langsung kepada responden dan kuisioner untuk identitas responden dan beberapa pertanyaan lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh industri minyak atsiri di Desa Buga yang berjumlah 4 industri, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, dalam penelitian ini sampel sebanyak 4 industri. Teknik analisis data menggunakan analisis nilai tambah dan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah yang dihasilkan dalam industri rumah tangga minyak atsiri ini tergolong tinggi yaitu Rp. 1.818,93 / kg bahan baku, dengan rasio nilai tambah terhadap nilai produk sebesar 51,49 %. Artinya untuk setiap Rp. 100 nilai produk akan diperoleh nilai tambah Rp. 51,49. Pendapatan yang dihasilkan dalam industri rumah tangga minyak atsiri ini sebesar Rp. 642.513,05 per proses produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Development
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Divisions: Faculty of Economics > Economic Development
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item