EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) SERTA STRATEGI PENINGKATANNYA DI DESA TONGGOLOBIBI KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA TAHUN 2015-2019

GISMAN (2023) EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) SERTA STRATEGI PENINGKATANNYA DI DESA TONGGOLOBIBI KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA TAHUN 2015-2019. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gisman, C 101 17 293 “Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Serta Strategi Peningkatannya Di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala Tahun 2015-2019”. Pembimbing Utama Aris Muhammad dan Pembimbing Pendamping M.Anwar Nasruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerimaan PBB serta strategi yang harus diterapkan Kantor Desa Tonggolobibi yaitu organisasi yang berwenang melaksanakan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Tonggolobibi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis data menggunakan efektivitas dan analisis SWOT yakni untuk menganalisis efektivitas pengelolaan penerimaan PBB dan bagaimana melakukan perencanaan startegis untuk menganalisis dengan berfokus pada masing-masing faktor yaitu kekuatan dan kelemahan adalah faktor internal dan peluang dan ancaman adalah faktor eksternal. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengelolaan penerimaan PBB masuk dalam kriteria cukup efektif dengan persentase rata-rata sebesar 80 persen, sedangkan hasil penelitian menggunakan analisis SWOT saran strategi yang perlu untuk diterapkan dalam peningkatan PBB adalah strategi pertumbuhan agresif. Strategi ini di desain untuk mencapai pertumbuhan PBB, baik dalam peningkatan penerimaan, pelayanan, realisasi melebihi target maupun ketiganya dan strategi berdasarkan Matriks SWOT strategi peningkatan PBB di Desa Tonggolobibi adalah strategi SO (Strenghts dan Opportunity) atau kekuatan dan peluang, maka strategi prioritas adalah Meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak PBB dan Meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait. Kata Kunci: Efektivitas, Swot, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Development
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Divisions: Faculty of Economics > Economic Development
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item