Studi Kasus Kemampuan Profesional Guru Dalam Mengolah Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Parigi

GHITA FEBYANTI (2023) Studi Kasus Kemampuan Profesional Guru Dalam Mengolah Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Parigi. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan profesional Guru Sejarah dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Parigi?, bagaimana proses Guru mengolah pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi? dan bagaimana kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi?. Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan kemampuan profesional Guru Sejarah dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Parigi, (2) Menjelaskan proses Guru mengolah pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi dan (3) Menguraikan kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Sejarah, dan Siswa di SMA Negeri 1 Parigi. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 menunjukkan bahwa kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah sudah cukup baik namun belum efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian empat orang Guru Sejarah yang mengatakan bahwa untuk mengimplementasikan kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah cukup sulit karena adanya kendala – kendala yang harus dihadapi oleh Guru saat melaksanakan proses pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring sangatlah berpengaruh terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi. Kata kunci: Profesional Guru, pembelajaran daring, dan mata pelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item