EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI DESA SIPESO KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA TAHUN 2020

AKFILA SANTOSO (2023) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI DESA SIPESO KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA TAHUN 2020. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak tahun 2015, desa menerima sumber penerimaan baru yaitu Dana Desa. Dana Desa tersebut berasal APBN.Sumber pemasukan di setiap desa kian meningkat dengan adanya Dana Desa serta diharapkan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat desa. Seiring dengan semakin besarnya dana desa yang diberikan kepada tiap desa, maka isu mengenai efektivitas pengelolaan dana desa dan dampaknya terhadap pembangunan desa harus menjadi perhatian utama pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan Dana Desa pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Sipeso Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala dengan menggunakan kriteria pengukuran efektivitas menurut Makmur (2015) yaitu ketepatan waktu, ketepatan sasaran, ketepatan ukuran dan ketepatan perhitungan biaya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pengelolaan Dana Desa pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Sipeso dari kriteria ketepatan waktu sudah bisa dikatakan efektif walaupun Terkendala waktu pada proses pencairan Dana Desa dari Kabupaten Ke Desa Sipeso tetatpi Kegiatan-Kegiatan Penanganan COVID-19 yang direncanakan tetap dapat terselesaikan dalam 1 tahun anggaran. Pada ketepatan perhitungan biaya menunjukkan hasil yang efektif tanpa kendala apapun. Pada ketepatan sasaran menunjukkan hasil yang efektif karena pemerintah desa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. dalam penyusunan rencana dan membuat rancangan sudah sesuai dengan Peraturan Undang-Undang, kemudian pada tahap pelaksanaan, seluruh kegiatan sudah sesuai dengan aturan Pemerintah dan kebutuhan masyarakat. Kata kunci: Efektivitas, Dana Desa, COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Management
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Management
Divisions: Faculty of Economics > Economic Management
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Management
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item