Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tomoni Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan

ALFIANI (2023) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tomoni Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Tomoni Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan (di bawah bimbingan Hermiyanty) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Palu Pemanfaatan pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh faktor predisposing, enabling, dan need. Faktor-faktor tersebut berasal dari pasien, lingkungan pasien, dan penyedia dalam hal ini puskesmas. Salah satu puskesmas di Kabupaten Luwu Timur yang jumlah kunjungannya mengalami penurunan adalah Puskesmas Tomoni. Jumlah kunjungan di Puskesmas Tomoni pada tahun 2018 sebesar 29.358 orang, pada tahun 2019 ada penurunan sebesar 26.411 orang, dan pada tahun 2020 menurun sebesar 26.000 orang, serta tahun 2021 menurun lagi sebesar 18.584 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan, pekerjaan, kepercayaan, pendapatan, akses, dan persepsi sakit dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Tomoni Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan data sekunder. Sampel penelitian ini sebanyak 67 respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan (p=0,007), kepercayaan (p=0,003), akses (p=0,002), dan persepsi sakit (p=0,009) terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Tomoni Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan untuk variabel pekerjaan dan pendapatan tidak terdapat hubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Tomoni Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Diharapkan bagi pihak puskesmas dan pemerintah yang berfungsi melayani masyarakat agar meningkatkan promosi kesehatan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kepercayaan dan persepsi sakit serta meningkatkan jumlah puskesmas keliling dari yang sudah ada ke daerah yang letaknya jauh dari puskesmas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Public Health > Public Health
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Public Health > Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Public Health
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Public Health > Public Health
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item