RANCANG BANGUN APLIKASI ANTRIAN PASIEN PADA DOKTER PRAKTEK UMUM MENGGUNAKAN ALGORITMA FIRST IN FIRST OUT (FIFO) BERBASIS ANDROID

HARDIANTI (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI ANTRIAN PASIEN PADA DOKTER PRAKTEK UMUM MENGGUNAKAN ALGORITMA FIRST IN FIRST OUT (FIFO) BERBASIS ANDROID. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan yang terjadi di tempat dokter praktek umum yakni dr. Zaki Mubarak dan dr. Subhan Habibi yang beralamat di Jl. Mangga, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, seringkali dikeluhkan karena masih kurang efektif dimana untuk mendapatkan pelayanan tersebut masih dilakukan manual dengan cara pasien datang secara langsung dan mengambil antrian berdasarkan urutan kursi lalu satu persatu akan dilayani. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pasien dalam menunggu. Untuk memudahkan pasien yang hendak berobat dibutuhkan sebuah sistem, dengan ini maka dibuatlah aplikasi antrian pasien pada dokter praktek umum berbasis Android. Penerapan algoritma yang digunakan dalam membangun sistem yaitu algoritma First In First Out (FIFO) dimana pasien yang mendaftar lebih awal mendapatkan pelayanan medis terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan perhitungan Average Waiting Time atau rata-rata waktu tunggu dimana hasil yang diperoleh akan digunakan sebagai estimasi waktu tunggu pasien berikutnya. Proses perancangan aplikasi menggunakan alat bantu perancangan UML. Dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan Android Studio dan Firebase sebagai basis datanya. Dengan adanya aplikasi ini pasien dapat melakukan pendaftaran dimana saja dan kapan saja serta memperoleh beberapa informasi diantaranya jadwal praktek dokter, nomor antrian, antrian yang berjalan, dan estimasi waktu tunggu sehingga pasien dapat memperkirakan waktu datang tanpa harus menunggu lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14296

Actions (login required)

View Item View Item