EFEKTIVITAS MINYAK MURNI IKAN SIDAT (Anguilla Marmorata (Q.) Gaimard) TERHADAP TRIGLISERIDA PADA TIKUS PUTIH (Rattus Norvegicus) HIPERLIPIDEMIA

ANDINI MAHARANI (2023) EFEKTIVITAS MINYAK MURNI IKAN SIDAT (Anguilla Marmorata (Q.) Gaimard) TERHADAP TRIGLISERIDA PADA TIKUS PUTIH (Rattus Norvegicus) HIPERLIPIDEMIA. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Trigliserida termasuk jenis lipid yang paling banyak yang mempengaruhi kadar lemak darah. Dengan tingginya kadar trigliserida salah satu faktor risiko yang dapat terjadi seperti penyakit kardiovaskuler dan juga menimbulkan risiko aterosklerosis, yaitu terbentuknya plak pada pembuluh darah dan jika sudah menyumbat pembuluh darah akan menyebabkan penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke. Ikan sidat (Anguilla marmorata (Q.) Gaimard) memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi yang diduga dapat menurunkan kadar trigliserida yang tidak normal atau tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekstrak minyak murni ikan sidat (Anguilla marmorata (Q.) Gaimard) asal sungai Palu memiliki aktivitas terhadap penurunan kadar trigliserida pada tikus putih (Rattus norvegicus). Ikan sidat diekstraksi menggunakan metode sohxletasi dengan pelarut dietil eter pada suhu 60oC dan dilanjutkan dengan proses pemurnian menggunakan adsorben magnesol. Hewan uji terdiri dari 25 ekor tikus putih jantan yang dibagi menjadi 5 kelompok : kontrol Na-CMC 0,5%, kontrol positif Fenofibrat, kelompok uji dengan dosis 200 mg/KgBB, kelompok uji dengan dosis 400 mg /KgBB dan kelompok uji dengan dosis 600 mg/KgBB. Induksi dilakukan selama 30 hari dengan diet tinggi lemak (PLT), propiltiourasil (PTU), dan terapi hiperlipidemia selama 14 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok dosis emulsi minyak ikan sidat 200 mg/KgBB, 400 mg/KgBB, dan 600 mg/KgBB, menunjukkan efek penurunan kadar trigliserida pada tikus. Namun, nilai rerata penurunan kadar trigliserida terbesar pada kelompok dosis 600 mg/KgBB. Hasil analisis data One-Way ANOVA menunjukkan bahwa ekstrak minyak murni ikan sidat (Anguilla marmorata (Q.) Gaimard) berpengaruh terhadap penurunan kadar trigliserida pada tikus putih (Rattus norvegicus).

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Mathematics and Natural Sciences > Pharmacy
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Mathematics and Natural Sciences > Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > Pharmacy
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Mathematics and Natural Sciences > Pharmacy
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item