PENGARUH PENGANGGURAN, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN 2015-2020

NOER FADILAH (2023) PENGARUH PENGANGGURAN, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN 2015-2020. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2015-2020 Noer Fadilah1; Syamsuddin HM2; Santi Yunus3 Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah pengaruh pengangguran, pertumbuhan ekonomi dan pengeluaran pemerintah secara serempak terhadap IPM. (2) Untuk mengetahui apakah pengaruh pengangguran,terhadap IPM. (3) Untuk mengetahui apakah pengaruh Pertumbuhan ekonomi, terhadap IPM. (4) Untuk mengetahui apakah pengaruh Pengeluaran pemerintah terhadap IPM. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder yang didapatkan dari publikasi BPS. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pengangguran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap IPM di Provinsi Sulawesi Barat dengan probailitas sebesar 0,3803. (2) Pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM dengan probabilitas sebesar 0,0004. Sedangkan, pengeluaran pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM di Provinsi Sulawesi Barat dengan probabilitas sebesar 0.0004. Kata Kunci : Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah, Indeks Pembangunan Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Development
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Divisions: Faculty of Economics > Economic Development
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14374

Actions (login required)

View Item View Item