Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Dan Demografi Terhadap Partisipasi Kerja Penduduk Lanjut Usia (Studi Kasus Di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong)

RAHMAWATI (2023) Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Dan Demografi Terhadap Partisipasi Kerja Penduduk Lanjut Usia (Studi Kasus Di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Dan Demografi Terhadap Partisipasi Kerja Penduduk Lanjut Usia (Studi Kasus Di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong) Rahmawati1; Syamsuddin HM2; Santi Yunus3 Jurusan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako ABSTRAK Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui kesehatan, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga secara serempak berpengaruh terhadap partisipasi kerja Lansia di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong, (2) Untuk mengetahui kesehatan, pendapatan dan jumlah anggota keluarga berpengaruh terhadap partisipasi kerja Lansia di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh dari responden melalui pengisian kuesioner. Jumlah populasi Lansia dalam penelitian ini sebesar 386 jiwa dan jumlah sampel yang terpilih sebanyak 40 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil perhitungan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kesehatan terhadap partisipasi kerja Lansia sebesar 2,056 > 2,028 dan nilai signifikansi sebesar 0,047 < 0,05. Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung sebesar 7,689 ? 2,028 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jumlah anggota keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai thitung sebesar 3,674 ? 2,028 dan signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,901, artinya kontribusi pengaruh semua variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 90,1 persen dan sisanya 9,9 persen dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara bersama-sama variabel kesehatan, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi kerja Lansia di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Secara parsial semua variabel bebas yaitu kesehatan, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi kerja Lansia di Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Kata Kunci : Sosial, Ekonomi, Demografi, Partisipas Kerja Lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Development
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Divisions: Faculty of Economics > Economic Development
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:03
Last Modified: 01 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item View Item