Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Tanaman Cengkeh Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website (Study Kasus Perkebunan Kab. Banggai Laut).

SILVANA LS. APIA (2023) Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Tanaman Cengkeh Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website (Study Kasus Perkebunan Kab. Banggai Laut). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

SILVANA LS. APIA, F 551 17 177. “Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Tanaman Cengkeh Menggunakan metode Certainty Factor Berbasis Website (Study kasus perkebunan kab. Banggai Laut)” Dibimbing oleh, Bapak Ir. Yusuf Anshori,,S.T.,M.T Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat, tidak hanya pada bidang informasi, pendidikan, industri, tetapi pada bidang pertanian. Dengan kecanggihan tersebut teknologi juga dimanfaatkan oleh petani cengkeh untuk mendapatkan infotmasi mengenai penyakit tanaman cengkeh. Tanaman cengkeh adalah tanaman asli dari indonesia. Khususnya di daerah banggai laut tanaman cengkeh merupakan penghasilan perkebunan yang mana pendapatan Hasilnya cukup besar sehingga perkebunan cengkeh berbanding sama dengan perkebunan kelapa. Namun, dalam pembudidayaan cengkeh tidak luput dari berbagai permasalahan yang berhubungan dengan penyakit yang kemungkinan akan terjadi pada tanaman. Oleh sebab itu penulis merancang pembuatan sistem pakar deteksi penyakit cengkeh menggunakan metode certainty factor berbasis website. Sistem ini akan menganalisa berdasarkan data gejala – gejala yang ada yang dimasukkan oleh user sehingga didapatkan suatu identifikasi penyakit pada tanaman cengkeh berupa nama penyakit, tingkat akurasi dan cara penangannya. Sistem pakar ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa PHP dan database My SQL dengan metode Certainty Factor untuk mengukur nilai kepastian dari suatu hipotesa terhadap suatu fakta. Dengan perhitungan metode certainty factor dari satu penyakit tanaman cengkeh didapat nilai kepercayaan dari hasil deteksi dengan nilai akurasi 99,07%. Kata kunci : Tanaman Cengkeh, Sistem Pakar, Certainty Factor.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:03
Last Modified: 02 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14420

Actions (login required)

View Item View Item