PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DIKELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT SINDUE

AGUSTIFANI (2019) PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DIKELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT SINDUE. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustifani 2019. Pengaruh kegiatan Melipat Kertas Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Di Kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Andi Agusniatih, (2) Haerul Annuar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif jenisnya deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue yang berjumlah 14 orang anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak. Dilihat dari hasil pengamatan sebelum perlakuan pada aspek kreativitas membuat bentuk Lipatan terdapat 0 anak (0%) kategori (BSB), 2 anak (14,28%) kategori (BSH), 2 anak (14,28%) kategori (MB), dan 10 anak (71,42%) kategori (BB). Kreativitas Mengkombinasikan dengan berbagai media terdapat 1 anak (7,14%) kategori (BSB), 2 anak (14,28%) kategori (BSH), 3 anak (2142,%) kategori (MB), dan 8 anak (57,14%) kategori (BB). Kreativitas dalam bertanya terdapat 1 anak (7,14%) kategori (BSB), 1 anak (7,14%) kategori (BSH), 3 anak (21,42%) kategori (MB), dan 9 anak (64,28%). Selanjutnya setelah perlakuan pada aspek kreativitas melipat kertas 2 anak (14,28%) kategori (BSB), 4 anak (28,57%) kategori (BSH), 5 anak (35,71%) kategori (MB), dan 3 anak (21,42%) kategori (BB). Aspek kreativitas Mengkombinasikan berbagai media 3 anak (21,42%) kategori (BSB), 5 anak (35,71%) kategori (BSH), 4 anak (28,57%) kategori (MB), dan 2 anak (14,28%) kategori (BB). Aspek kreativitas dalam bertanya terdapat 3 anak (21,42%) kategori (BSB), 6 anak (42,85%) kategori (BSH), 4 anak (28,57%) kategori (MB), 1 anak (7,14%) kategori (BB) . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Kata Kunci: Melipat kertas ; Kreativitas

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: ?? A451 ??
Divisions: ?? A451 ??
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:03
Last Modified: 23 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item View Item