MANAJEMEN DANA DESA DI DESA OLOBARU KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG

HANA AFRILIA (2023) MANAJEMEN DANA DESA DI DESA OLOBARU KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hana Afrilia, B 101 19 028, Manajemen Dana Desa di Desa Olobaru Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Dibimbing oleh Bapak Nasir Mangngasing dan Bapak Subhan Haris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Dana Desa yang diterapkan oleh pemerintah Desa Olobaru. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan tipe Penelitian Deskriptif dan menggunakan teori George R. Terry yang terdiri dari 4 indikator yakni perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan trinagulasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive, yakni memilih 9 orang secara sengaja untuk dijadikan informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Dana Desa di Desa Olobaru oleh pelaksana kegiatan kurang berjalan dengan maksimal, hal ini dapat dilihat pada proses Perencanaan pengelolaan Dana Desa belum sepenuhnya masyarakat berpartisipasi atau masyarakat kurang dilibatkan baik pada proses perencanaan maupun pelaksanaannya. Tahap pengorganisasian dalam proses pengelolaan dana desa belum optimal karena program yang dijalankan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarkat umum atau masyarkat tidak merasakan dampak dari adanya program-program tersebut, serta program yang dijalankan pada tahun 2021 belum sepenuhnya sesuai dengan prioritas penetapan penggunaan dana desa tahun 2020. Pada proses penggerakan dalam menggerakan aparat desa agar menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada program-program yang dilaksanakan belum berjalan maksimal seperti pada program pemberdayaan masyarakat yang belum tepat sasaran. Dan pada proses pengawasan masih lemah ini dapat ditandai pada transparansi pemerintah desa yang masih kurang terbuka serta kurang menerima kritik dan saran dari masyarakat. Kata Kunci : Manajemen Dana Desa perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:03
Last Modified: 02 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/14752

Actions (login required)

View Item View Item