PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN PADA MATERI ASAM BASA

Zulkifli (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zulkifli, 2019.“Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dampal Selatan pada Materi Asam Basa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Mery Napitupulu (II) Irwan Said. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 di SMA Negeri 1 Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 30 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian keterampilan berpikir kritis. Analisis uji hipotesis menggunkan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 10,65>2,00. Data ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Asam Basa

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Chemistry Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:03
Last Modified: 07 Oct 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item