Analisis Pengaruh Kredit Modal Kerja, Lama Usaha, Jumlah Tenaga Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Usaha Kecil Menengah (UKM) Penjahit Di Kecamatan Palu Barat Kota Palu

Nurbait (2019) Analisis Pengaruh Kredit Modal Kerja, Lama Usaha, Jumlah Tenaga Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Usaha Kecil Menengah (UKM) Penjahit Di Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredit modal kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan usaha kecil penjahit di Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Sampel pada penelitian ini adalah penjahit (taylor) yang berada di Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh atau sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun hasil dari penelitian ini, didapatkan populasi sebanyak 47 penjahit/responden dan semuanya dijadikan sebagai sampel pada penelitian ini. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan analisis pendapatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa vaberiabel independen yaitu kredit modal kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja, dan tingkat pendidikan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu pendapatan usaha kecil penjahit, hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung 50.83 lebih besar dari nilai F tabel yakni 2.59. Nilai koefisien determinasi R2 adjst = 0.82 berarti 82 persen nilai pendapatan usaha kecil penjahit dapat dijelaskan oleh variabel kredit modal kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja dan tingkat pendidikan, sedangkan 19% dijelaskan diluar model. Hasil uji t menunjukkan nilai variabel kredit modal kerja 2.933 dengan nilai signifikan 0.005, dan jumlah tenaga kerja 2.299 dengan nilai signifikan 0.026, yang berarti kredit modal kerja dan jumlah tenaga kerja berpengaruh nyta. Nilai variabel lama usaha 0.381 dengan nilai signifikan 0.704 dan variabel tingkat pendidikan 1.340 dengan nilai signifikan 0.167, berarti variabel lama usaha dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan ? = 5 persen (0.05). Hasil analisis pendapatan usaha kecil penjahit di Kecamatan Palu Barat Kota Palu yaitu sebesar Rp12,565,160 selama satu bulan. Kata Kunci: Pendapatan, Modal, Lama Berusaha, Jumlah Tenaga Kerja dan Tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Economics > Economic Development
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Divisions: Faculty of Economics > Economic Development
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Economics > Economic Development
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 02 Jun 2019 07:03
Last Modified: 02 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item