PENENTUAN RUTE OPTIMAL PADA PENDISTRIBUSIAN PRODUK AIR MINERAL DI KOTA PALU MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO) BERBASIS WEB (STUDI KASUS : PT. ANUGERAH WINA SENTOSA)

Stevi Septiana (2019) PENENTUAN RUTE OPTIMAL PADA PENDISTRIBUSIAN PRODUK AIR MINERAL DI KOTA PALU MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO) BERBASIS WEB (STUDI KASUS : PT. ANUGERAH WINA SENTOSA). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kegiatan distribusi sebagai aspek penting dalam bidang pemasaran seringkali mengalami permasalahan dalam menentukan rute yang optimal untuk mendistribusikan hasil produksi kepada konsumen. Permasalahan penentuan rute yang optimal disebabkan oleh banyaknya jalur menuju tempat tujuan sehingga dapat memungkinkan adanya pemilihan jalur yang kurang tepat dan berpengaruh pada jarak yang harus ditempuh oleh distributor. Permasalahan penentuan rute yang optimal dapat dikategorikan sebagai Travelling Salesman Problem (TSP). TSP merupakan pencarian urutan lokasi dimana seorang salesman melakukan perjalanan dari lokasi awal menuju daftar sejumlah lokasi yang harus dilalui. Setiap lokasi hanya boleh dikunjungi satu kali dan berakhir pada lokasi awal keberangkatan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah penentuan rute optimal pada kegiatan pendistribusian produk air mineral yang dilakukan oleh PT. Anugerah Wina Sentosa kepada konsumen di seluruh kota Palu dengan mengimplementasikan algoritma Ant Colony System &#40.ACS&#41. sebagai bagian dari algoritma Ant Colony optimization (ACO) untuk melakukan pencarian rute. Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) merupakan algoritma yang diadopsi dari perilaku semut untuk menentukan rute terpendek dari sarang semut menuju sumber makanan. Berdasarkan penelitian, algoritma ini dapat menghasilkan rute dengan jarak yang optimal untuk penyelesaian masalah TSP ataupun rute terpendek dengan melakukan pemilihan parameter yang tepat. Pada penelitian ini, parameter ACS yang digunakan untuk penyelesaian rute terpendek yaitu ?=1, qo=0.99,q=random,?=0.1,?=0.1,?=0.1 serta jumlah semut dan jumlah iterasi yang penentuan nilainya bergantung pada jumlah titik simpul yang dihasilkan dari penggambaran setiap persimpangan jalan kota Palu dan lokasi pelanggan. Sedangkan untuk penyelesaian TSP nilai parameter yang digunakan adalah ?=1, qo=0.9, q=random serta ?,?, jumlah semut dan jumlah iterasi yang penentuan nilainya bergantung pada jumlah titik lokasi pelanggan setiap truck yang melakukan pendistribusian produk air mineral. Kata kunci : Travelling Salesman Problem (TSP), Rute Terpendek, Algoritma Ant Colony System &#40.ACS&#41., Algoritma Ant Colony Optimization (ACO)

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Informatics Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 08 Jun 2019 07:03
Last Modified: 08 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item