KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA WAWOPADA KECAMATAN LEMBO KABUPATEN MOROWALI UTARA

KLARITA PRISKILA ESALY, (2020) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA WAWOPADA KECAMATAN LEMBO KABUPATEN MOROWALI UTARA. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Klarita Priskila Esaly. Stambuk B 101 15 029, dengan judul skripsi “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Wawopada Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara”. Dibimbing oleh. Nasir Mangngasing selaku pembimbing utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Wawopada Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan dasar penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah berjumlah 5 orang. Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun data yang diperlukan yaitu data primer dan data sekunder. Dengan metode analisis data melalui Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori dari Levin Ne (dalam Zaenal Mukarom dan Muhibudin Wijaya Laksana 2016:56) dimana ketiga aspek ini digunakan untuk mengukur Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Wawopada Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara, yaitu Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan ketiga aspek sebagai ukuran dalam mengetahui masalah yang diteliti, penulis berkesimpulan bahwa Responsibilitas dan Akuntabilitas dari pemerintah Desa Wawopada masih dikategorikan kurang memuaskan karena pertanggungjawaban dari setiap produk layanan belum dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat dimana pemerintah belum bersikap adil dalam memberikan hasil produk layanan sehingga memberikan kesan bahwa pemerintah desa seolah pilih-pilih karena memandang status sosial seseorang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selaku penerima layanan karena membeda-bedakan masyarakat dalam memberikan hasil produk layanan dan juga belum adanya standar operasional untuk menjadi panduan dalam memberikan pelayanan walaupun dalam Responsivitas, pemerintah desa sudah dapat dikategorikan baik. Kata Kunci : Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. ?

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Social and Political Sciences > Science of Public Administration
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3364

Actions (login required)

View Item View Item