STRATEGI GURU MENGATASI SISWA BERNILAI RENDAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS KELAS XI SMAN 6 PALU)

Yusriani (2019) STRATEGI GURU MENGATASI SISWA BERNILAI RENDAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS KELAS XI SMAN 6 PALU). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusriani, (2019), Strategi Guru Mengatasi Siswa Bernilai Rendah Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus Kelas XI SMAN 6 Palu). Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dra. Hj. Junarti, M.Hum, dan pembimbing (II) Dr. Nuraedah, M.Pd. Permasalahan yang di maksud dari penelitian yakni (1), Faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa memiliki prestasi rendah pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 6 Palu, (2), Bagaimana strategi guru sejarah dalam mengatasi siswa bernilai rendah pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 6 Palu. Adapun tujuan penelitian ini (1), Untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan siswa memiliki prestasi rendah pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 6 Palu. (2), Untuk menjelaskan strategi apa yang dilakukan oleh guru sejarah dalam menghadapi siswa yang bernilai rendah pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 6 Palu. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah di kelas XI dan siswa kelas XI dengan jumlah 157 orang dan 2 orang dari masing-masing perwakilan kelas menjadi objek observasi, siswa kelas XI MIA 1 berjumlah 20 orang, XI MIA 2 Berjumlah 21 orang, XI MIA 3 berjulah 19 orang, XI MIA 4 berjumlah 21 orang, XI IIS 1 berjumlah 24 orang, XI IIS 2 berjumlah 26 dan XI IIS 3 berjumlah 26 orang yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Jenis data yang digunakan pada penelitian adalah data kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang di peroleh yakni (a), faktor-faktor yang menyebabkan siswa memiliki prestasi rendah terdiri dari faktor internal, dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kurangnya memperhatikan kesehatan tubuh, minat, motivasi, dan konsentrasi siswa yang kurang. (b), faktor eksternal yakni adanya pergaulan yang bebas, kurangnya pengawasan dari orang tua. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dan jika guru menggunakan strategi yang menarik maka siswa dapat meningkatkan prestasinya dengan baik. Kata kunci : Strategi, Guru & Nilai Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:03
Last Modified: 05 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item