IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP KARUNA DIPA PALU

ANDI ERA PASIRA (2020) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP KARUNA DIPA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andi Era Pasira. 2019. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPS di SMP Karuna Dipa Palu. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing I: Lukman Nadjamudin dan Pembimbing II: Sayakir Mahid Masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi standar proses kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS di SMP Karuna Dipa Palu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan perencanaan guru IPS di SMP Karuna Dipa Palu sebelum melaksanakan pembelajaran, (2) Menjelaskan proses pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Karuna Dipa Palu, (3) Menjelaskan penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru guru IPS di SMP Karuna Dipa Palu. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilkukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu rduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMP Karuna Dipa Palu dengan subjek penelitian 1 guru IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah memuat adanya pendekatan saintifik yang merupakan penekanan dalam kurikulum 2013. RPP yang disusun guru IPS telah memenuhi kriteria baik. Namun masih ada aspek yang belum sesuai dengan standar proses kurikulum 2013, yaitu aspek materi pembelajaran, dimana guru belum membagai materi yang termasuk fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (2) Pelaksanaan pembelajaran di SMP Karuna Dipa Palu telah memenuhi ketentuan pendekatan saintifik melalui kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi dan pembelajaran di luar kelas guru memfasilitasi kegiatan mulai dari menanya, mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penerapan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan mampu mengembangkan karakter siswa. (3) Penilaian hasil pembelajaran oleh guru IPS sudah menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai meliputi ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan. Kata Kunci: Implemetasi, Standar Proses, dan Proses Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item View Item