PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 PALU

ASNI (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 PALU. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Perbandingan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a macth dengan Course Review Horay pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 15 Palu. (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make a macth lebih tepat dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Course Review Horay pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 15 Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 233 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Tehnik Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian mengenai perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII D SMP Negeri 15 Palu dan model pembeajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII F SMP Negeri 15 Palu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa di kelas VIII SMP Negeri 15 Palu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth dan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan menggunakan jasa komputer SPSS 16 dimana nilai Sig (2-tailled)= 0,144 > 0,05 Make H0 diterima, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a macth dengan Course Review Horay pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 15 Palu. Perbedaan kedua model pembelajaran yang diterpakan hanya terdapat pada mean. Dimana mean hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay lebih tinggi yaitu sebesar 90,27 sedangkan mean hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make a macth lebih rendah yaitu sebesar 87,87. Kata Kunci : Model Koopertif, Make A macth, Course Review Horay, Hasil Belajar, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Education in Social Science
S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Divisions: Postgraduate > Master of Education in Social Science
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:03
Last Modified: 04 Mar 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3849

Actions (login required)

View Item View Item