PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 DONDO

SALMIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 DONDO. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X SMA Negeri 1 Dondo, (2) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X SMA Negeri 1 Dondo. Hipotesis yang diuji adalah: (1) Model pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X SMA Negeri 1 Dondo. (2) Model pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X SMA Negeri 1 Dondo. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan Randomized, Pre Test – Post Test Control Group Design. Populasi target adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Dondo Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 242 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 68 orang dengan menggunakan teknik Randomized. Teknik pengambilan data menggunakan angket sikap demokratis dan tes berpikir ktitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan (pada taraf nyata ? = 0,05) Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi system politik di kelas X SMA Negeri 1 Dondo (thitung 3.695 > ttabel 1.695), (2) Terdapat pengaruh signifikan (pada taraf nyata ? = 0,05) Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap sikap demokratis siswa pada materi sistem politik di kelas X SMA Negeri 1 Dondo (thitung 3.168 > ttabel 1.695). Kata kunci: Sikap Demokratis, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Education in Social Science
S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Divisions: Postgraduate > Master of Education in Social Science
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:03
Last Modified: 05 Mar 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item