Lingkungan Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Tomini

SILVA (2020) Lingkungan Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Tomini. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Silva, 2019, Lingkungan Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tomini. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Lukman Nadjamudin Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tomini, dengan tujuan untuk mengetahui lingkungan sekolah dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Tomini. Penelitian ini melibatkan 5 orang siswa kelas XI IPS 1 sebagai subyek penelitian yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, 1 orang guru Sejarah kelas XI dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tomini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Gambaran sekolah SMA Negeri 1 Tomini didirikan pada bulan juli tahun 2016 dan sekolah tersebut mulai di buka pada bulan februari tahun 2017, siswa baru 2016 yang mendaftar berjumlah 187 siswa sedangkan yang di terima berjumlah 136 siswa. Alumni pertama selama 1 semester masih menggunakan gedung SMP Negeri 1 Tomini masuk sekolah di sore hari, kemudian pada semester 2 siswa yang berjumlah 136 sudah menggunakan gedung baru di SMA Negeri 1 Tomini dalam melaksanakan pembelajaran. 2) Lingkungan sekolah sangat berpengaruh dalam minat belajar siswa karena keadaan yang tidak mendukung. Jika siswa melakukan pembelajaran dalam kelas hingga kelasnya kotor maka siswa tersebut tidak merasa nyaman pada saat mengikuti kegiatan belajar sehingga minat belajar siswa akan hilang karena ketidaknyaman dalam kelas tersebut. 3) Minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah dapat dikatakan cukup baik dapat di lihat dari absen dalam proses pembelajaran, kehadiran siswa dalam proses pembelajaran dapat di jadikan tolak ukur dalam melihat minat belajar siswa pada suatu mata pelajaran. Kata kunci : Lingkungan Sekolah, dan Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item View Item