EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MODEL DAMPAL SELATAN

HERAWATI (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MODEL DAMPAL SELATAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Herawati, No Stambuk A 311 15 102 ”Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Moving Class pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan” Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Hasan M.Hum. Hasil penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan. Adapun rumusan masalah dalam hasil penelitian ini adalah : (1) Apakah strategi pembelajaran moving class dapat mengatasi masalah kejenuhan siswa dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 34 orang dengan jumlah guru Sejarah 1 orang Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran moving class di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan dapat mengefektifkan cara belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, dan strategi moving class ini juga sangat efektif dalam mengatasi masalah kejenuhan yang dialami siswa pada saat pembelajaran sejarah hal ini dapat dilihat dari hasil dan pembahasan mulai dari data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang semuanya menunjukkan hasil yang positif dalam menerapakan strategi pembelajaran moving class. Pada data observasi dari kelas XI terdapat empat aspek yang diamati yaitu kesiapan belajar siswa dalam menerima pelajaran, dan kedisiplinan siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menunjukkan hasil yang sangat baik. Kata Kunci. Strategi, Pembelajaran dan moving class.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item View Item