PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT TONDO

SURURIATUN MASFUFAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT TONDO. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sururiatun Masfufah, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Amiruddin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi Kelas XI di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo yang berjumlah 111 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua Kelas yaitu Kelas XIB sebagai Kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan Kelas XIA sebagai Kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa, untuk menentukan hipotesis menggunakan analisis wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan nilai asymp.sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo. Kata kunci; model pembelajaran kooperatif, mind mapping, danmotivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item View Item