PEMBENTUKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR PADA SISWA MELALUI SANGGAR SENI MUSIK TEKU-TEKU DI SMP NEGERI 15 PALU

Reza Agung Pratama (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR PADA SISWA MELALUI SANGGAR SENI MUSIK TEKU-TEKU DI SMP NEGERI 15 PALU. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rezan Agung Pratama, STB. A322 17 001, Pembentukan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Pada Siswa Melalui Sanggar Seni Musik Teku-Teku di SMP Negeri 15 Palu (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Juraid, M.Hum sebagai Ketua dan Dr. Sunarto Amus, M.Si sebagai Anggota Tim Pembimbing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) aspek pembentukan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam sanggar seni musik teku-teku di SMPN 15 Palu, dan (2) upaya yang dilakukan sanggar seni musik teku-teku SMPN 15 Palu dalam membentuk karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dukumentasi mendalam dengan hasil penelitian menggambarkan bahwa ada beberapa aspek pembentukan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air yang telah dilaksanakan di sanggar seni musik teku-teku SMP Negeri 15 Palu yaitu pengenalan, penerapan, pengulangan/pembiasaan dan internalisasi menjadi karakter. Adapun upaya yang telah dilakukan yaitu membiasakan siswa dalam bekerja sama dengan teman sesanggar walaupun berbeda suku, etnis, dan status sosial dalam menyelesaikan suatu permasalahan, melibatkan siswa dalam penyelenggaraan peringatan hari pahlawan nasional melalui sanggar seni musik teku-teku SMPN 15 Palu, melakukan program kunjungan ketempat sejarah atau belajar mengenai sejarah musik tradisional Kota Palu, mengikut sertakan siswa pada perayaan di hari-hari besar nasional, pembiasaan penggunaan produk buatan dalam negeri (alat musik tradisional), pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika bergabung disanggar seni musik teku-teku SMPN 15 Palu, penyediaan informasi dari sumber percetakan dan elektronik tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia “seni musik tradisional”. Kata kunci: Karakter, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air dan Sanggar Seni Musik Teku-Teku.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Education in Social Science
S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Divisions: Postgraduate > Master of Education in Social Science
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Education in Social Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:03
Last Modified: 15 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item